Misi Kepler oleh NASA

Well, tadi sih sebenernya gue lagi iseng surfing di facebook, eh tiba-tiba ada temen gue yang share tentang Kepler Mission, terus gue iseng deh nyari-nyari informasi seputar Kepler Mission. Untuk garis besarnya sih, Kepler Mission ini ada, karena dirancang khusus untuk mensurvei exoplanet di Galaksi Bima Sakti, sebuah misi yang amat sekali berguna, karena misi ini bertujuan untuk mencari planet yang menyerupai bentuk kehidupan di Bumi.

Misi Kepler oleh NASA
Sumber Gambar: NASA Ames

Terus kenapa sih, si NASA ini merancang misi ini? Ya itu, untuk menemukan planet yang mirip dengan Bumi. Setiap rancangan pasti ada tujuan dong? Ada dong, ini tujuan Kepler Mission yang gue kutip dari wesite NASA :
  1. Untuk menentukan persentase planet terestrial dan planet yang lebih besar baik yang ada di dalamnya maupun yang dekat dengan zona huni dari bintang-bintang besar.
  2. Untuk menentukan distribusi dari ukuran dan bentuk orbit di planet ini.
  3. Untuk memperkirakan berapa banyak planet yang memiliki sistem bintang lebih dari satu/banyak.
  4. Untuk menetukan variasi dari besar orbit dan daya pantukl (reflektivities) planet, ukuran, massa serta kepadatan dari periode pendek planet besar.
  5. Untuk mengidentifikasi anggota tambahan dari setiap planet yang ditemukan menggunakn teknik lain.
  6. Untuk menentukan sifat dari bintang-bintang yang memiliki sistem planet yang aman untuk di huni.
(Catatan: Maaf kalo terjemahannya kurang berkenan, untuk versi Bahasa Inggrisnya silahkan ke sini: http://www.nasa.gov/mission_pages/kepler/overview/index.html)


Misi Kepler oleh NASA
Kepler-452 dan Sistem Solar
Sumber Gambar: NASA Ames


NASA juga punya cara gimana caranya mendeteksi keberadaan sebuah planet di luar tata surya. Yaitu dengan cara, mengamati sesekali bagaimana planet Venus dan Merkurius bertransit. Setelah terdeteksi, kemudian NASA dapat menetukan ukuran orbital planet dari periodenya dan NASA juga menggunakan teori Hukum III Kepler untuk menentukan massa bintang.

Misi Kepler oleh NASA
Ketika sebuah planet melintas di depan bintangnya (transit planet).
Sumber Gambar: NASA Ames

Sampai saat ini dalam Kepler Mission, NASA sudah mengkonfirmasi ada 1.030 exoplanet dan 4.696 exoplanet yang masih menjadi kandidat.

Okay, terima kasih buat para pembaca yang udah mau baca tulisan gue, kalau ada pertanyaan silahkan di pos aja di kolom komentar. MAJU BLOGGER INDONESIA !!

0 komentar:

Posting Komentar